Kamis, 02 September 2010

Alang-Alang (Imperata cylindrica L.)
Tumbuhan jenis rumput ini sangat mudah di jumpai dimana-mana. Tanaman ini menyukai tanah yang kering dan banyak mendapat sinar matahari. Alang-alang bisa mencapai ketinggian 30 - 180 cm. Batangnya padat,daunnya seperti rumput. Yang banyak di manfaatkan untuk pengobatan adalah akarnya.
Kandungan & Manfaat: Menurunkan dan melancarkan air seni karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Selain itu,juga menghentikan perdarahan.
Khasiat Alang-Alang
Obat Diare
250 gram akar alang-alang dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air selama seperempat jam. Diminum segera setelah buang air besar. Sekali minum 1 gelas.
Hepatitis dan Mimisan
200 gram akar alang-alang dicuci bersih lalu di rebus dengan 6 gelas air sampai airnya tinggal sekitar 2 gelas. Setelah dingin,disaring dan diminum. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari. Cara ini juga bisa untuk mengobati gangguan pada prostat.
Akan tetapi kalau untuk gangguan prostat, dosis akar alang-alangnya lebih banyak,yakni 500 gram.
Obat Kencing Batu
100 gram akar alang-alang, setengah genggam daun meniran, setengah genggam daun kumis kucing dan 10 helai daun kecubung direbus jadi satu dengan 5 gelas air sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin,disaring dan diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas, sampai batu keluar.
Melancarkan Air Seni
250 gram akar alang-alang,sedikit gula batu direbus dengan 3 gelas air selama 10 menit. Setelah dingin,disaring dan diminum 3x sehari masing-masing 1 gelas.
Hipertensi Akibat Sakit Ginjal
200 gram akar alang-alang,sedikit tangkue (manisan yang dibuat dari labu putih) direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah. Setelah dingin,disaring. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
Selain yang tersebut diatas, alang-alang juga berkhasiat untuk menambah kekuatan pada kaki. Resep ini cocok untuk yang hobi mendaki gunung. Caranya,cabut pohon alang-alang yang masih segar,lalu ikatkan pada kedua kaki. Insya Allah rasa capek dan pegal linu di kaki akan sirna.
Di Kabupaten Pekalongan ada minuman khas yang berkhasiat untuk menghilangkan rasa capek dan pegal linu. Masyarakat Kota maupun Kabupaten Pekalongan yang mayoritas sehari-harinya bekerja di perbatikan memang banyak mengeluarkan tenaga. Sehingga untuk menunjang stamina aktifitas sehari-hari mereka banyak yang memanfaatkan khasiat dari “Wedang Alang-Alang”.
Warung-warung wedang alang-alangpun banyak bertebaran di Pekalongan, khususnya di Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Warung wedang alang-alang menyajikan minuman yang bahannya terdiri dari akar alang-alang, jahe, kamijoro (sereh) dan pemanis dari gula aren maupun gula kelapa.
Sehingga saking populernya minuman penghangat tubuh ini seakan menjadi ikon Kabupaten Pekalongan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar